Mencatat Keuangan, Sangat Menguntungkan

Di bahasan sebelumnya kita sudah membahas masalah mencatat keuangan. Sekarang mari kita lanjutkan lagi pembahasan yang sangat menarik ini.

Mengetahui Alasan Keuangan Berantakan

Jadi, ketika kita melakukan pencatatan keuangan sebetulnya anda juga bisa mengetahui apa sebenarnya alasannya anda mengambil pinjaman atau menggunakan uang yang ada di tabungan anda lebih besar dari biasanya.

Bisa saja, di bulan itu ada sebuah kejadian menimpa diri anda atau keluarga yang sifatnya darurat sehingga kemudian menyebabkan anda berutang untuk menutupi dana yang dibutuhkan.

Dengan melakukan pencatatan atas pengeluaran yang anda lakukan tersebut, anda menjadi lebih faham bahwa ternyata dana darurat yang anda persiapkan itu cukup atau tidak untuk memenuhi kondisi darurat yang mungkin menimpa anda dan keluarga tersebut.

Juga anda akan mengetahui apakah asuransi kesehatan, bila ternyata itu berhubungan dengan kesehatan, cukup untuk melindungi diri anda dan keluarga dari risiko atas kesehatan yang menimpa anda di bulan sebelumnya.

Meski terlihat sederhana, tapi melakukan pencatatan keuangan -baik pencatatan atas perencanaan pengeluaran dan juga pencatatan atas pengeluaran- mempunyai banyak keuntungan bagi keuangan anda.

Jadi, saya sarankan jangan malas ya untuk melakukan pencatatan keuangan sebelum melakukan pengeluaran dan ketika melakukan pengeuaran, karena itu bukan  hal yang sulit sebenarnya. Manfaatnya akan segera terasa kepada diri anda, asal dilakukan sekarang juga.

Mengetahui Apa yang Tidak Anda Sadari Beli

Mungkin anda Pernah merasa sepertinya uang yang anda keluarkan segitu-segitu saja tetapi sepertinya habis lebih cepat dari biasanya? Mungkin, anda melakukan pembelanjaan dengan nominal yang kecil, yang sebenarnya bukan hal yang penting, tetapi memberikan kenyamanan bagi anda jadi anda sering melakukannya, dan sayangnya, anda tidak sadar akan itu semua.

Hanya dengan pencatatan keuangan sajalah anda bisa melakukan evaluasi atas itu semua. Anda tidak akan pernah tahu apakah anda ternyata kebanyakan membeli kopi susu, kebanyakan naik ojek online, atau kebanyakan membeli martabak dalam satu bulan.

Dengan melakukan pencatatan keuangan, anda bisa melihat ternyata pengeluaran yang anda lakukan untuk membeli kopi susu kekinian total besarannya lebih banyak daripada makan siang di kantor anda.

Dengan melakukan pencatatan keuangan, anda bisa membandingkan, ternyata uang yang dibelanjakan untuk membeli martabak dalam satu bulan lebih besar nominalnya dari yang anda sisihkan untuk membeli reksa dana sebagai investasi bulanan.

Sumber :  finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-4742894/4-keuntungan-mencatat-keuangan-2

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *