4 Unsur yang harus di miliki Asuransi Jiwa

Sahabat BhinekaLife , tahukah kamu kalau Asuransi Jiwa harus memiliki 4 unsur utama berikut ini:

1. Pengalihan risiko atas diri tertanggung kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung

2. Pemegang polis berkewajiban membayar premi

3. Penanggung berkewajiban membayar uang pertanggungan atas risiko yang dijamin

4. Persyaratan dan ketentuan yang diatur dalam polis

Asuransi sebenarnya adalah bisnis yang melakukan pengambilalihan risiko dari nasabah ke perusahaan, sehingga nasabah tersebut merasa nyaman bila ada masalah kedepanya sesuai jenis yang di ikuti. Asuransi harus pintar mengendalikan risiko terhadap nasabahnya agar bisnisnya menguntungkan sehingga nasabah juga merasa nyaman ikut program yang ditawarkan. Sebelum kita lebih jauh mengenal jenis risiko di asuransi, nasabah perlu paham lebih dahulu manfaat asuransi itu sendiri .

Asuransi dapat kita artikan sebagai sebuah aktivitas pelimpahan risiko dari pihak 1 biasanya di sebut nasabah ke pihak 2 yang biasanya di sebut perusahaan yang didalamnya terdapat aturan yang dipatuhi oleh kedua belah pihak.

Banyak orang masih bingung apa itu risiko dalam asuransi.

Untuk mengerti risiko yang ada di asuransi setidaknya kita akan mendapatkan informasi mengenai info info berikut ini:

  • Memahami pengertian risiko secara itu apa
  • Mengerti risiko apa saja yang ada dalam asuransi
  • Dapat mengelompokani risiko-risiko apa yang bisa dipertanggungkan melalui asuransi
  • Memahami manajemen risiko (risk management) sehingga tujuan dan fungsi asuransi bisa diterima secara jelas.

Secara umum perusahaan asuransi melihat risiko sebagai sebuah ketidakpastian. Dari ketidakpastian tersebut, tentunya Anda wajib mengetahui jenis risiko mana yang dapat dipertanggungkan oleh perusahaan asuransi. Hal ini dapat di artikan jika risiko menjadi objek yang di jual oleh perusahaan asuransi. Bila kita sudah mengetahui jenis dan macam-macam risiko selanjutnya Anda dapat memilih mana risiko yang sekiranya bisa atau tidak dapat kita diasuransikan.

Secara umum risiko dapat kita artikan sebagai bahaya, akibat atau konsekuensi yang bisa saja terjadi yang disebabkan oleh proses yang sedang berlangsung maupun kejadian tertentu yang akan terjadi di masa mendatang. Risiko itu sebenarnya hal yang selalu dihadapi oleh manusia dan sifatnya sangat tidak menentu dan tidak jelas. Sehingga asuransi memandang risiko sebagai  ketidakpastian.

Dalam asuransi risiko bisa di akibatkan oleh aktivitas personal maupun aktivitas bisnis . Contoh risiko yang di sebabkan pribadi adalah sakit, kecelakaan, maupun risiko finansial yang disebabkan oleh meninggalnya seseorang. Contoh risiko yang di sebabkan oleh usaha adalah kebangkrutan, kehilangan ataupun kerusakan yang diakibatkan oleh berbagai macam hal seperti kebakaran, bencana alam dan lain sebagainya.

Risiko yang di Jamin Perlindunganya oleh Perusahaan Asuransi

kemudian bisa saja ada beberapa pertanyaan yang sering timbul terkait dengan masalah asuransi ini. Apakah semua risiko dapat dialihkan kepada perusahaan asuransi? Maka jawabannya adalah tidak bisa. Hanya risiko tertentu saja sesuai perjanjian yang bisa diasuransikan dan mempunyai syarat-syarat tertentu, seperti di bawah ini :

  • Risiko harus terjadi dengan ketidaksengajaan dan tidak bisa diprediksi
  • Risiko yang dapat ditanggung harus berisifat homogen dan umum terjadi
  • Dampak dari risiko tersebut bisa dinilai dengan uang atau secara finansial
  • Harus ada obyek yang dipertanggungkan atau yang diasuransikan misalnya harta benda, sakit, kerugian dan lain sebagainya.
  • Obyek yang diasuransikan tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku dan kepentingan umum. Misalnya, narkoba tidak bisa dijadikan sebagai obyek asuransi.
  • Premi yang dibebankan harus sesuai dengan tingkat risiko yang diasuransikan. Meskipun pertanggungan  boleh melebihi harga atau kepentingan yang sebenarnya, namun hanya dalam batas tertentu saja (asuransi ganda).

Baca Juga : Membangun Bisnis Asuransi B-STAR

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *